Sebagai orang dewasa, kita memiliki norma kapan waktunya untuk makan yang sering berlaku di masyarakat, seperti:

  • Ini sudah jamnya
  • Ini adalah acaranya
  • Dalam keadaaane emosional tertentu (seperti bosan)
  • Teringat makanan tertentu (yang selalu dekat dengan kita)

Kebanyakan orang  tidak memiliki kesadaran tentang rasa lapar ataupun kenyang. Beberapa orang pernah melakukan cara-cara yang ekstrim seperti saya sudah diet selama seminggu dan siap untuk makan sepuasnya atau saya makan sampai kenyang bego. Ada juga yang selalu memaksakan untuk makan walaupun mereka sendiri tidak lapar dan ada yang menghindari makan atau tidak sempat untuk makan saat lapar. 

INI MENJADI MASALAH, KENAPA?

Karena jika kita makan saat kita tidak lapar (dan tidak berhenti makan saat kita merasakan cukup) ini akan berakhir kita memiliki kelebihan berat badan dan kesehatan yang buruk. Beda hal lagi dengan mereka yang tidak makan saat benar-benar merasakan lapar malah menghindari makan, mereka akan kekurangan nutrisi dan merasa lemas (1).

Signal lapar  adalah normal dan respon kita sebagai manusia  yang sehat seperti merasa haus. mengantuk dan itu membuat kita sebagai manusia hidup . Kita hanya perlu memerhatikan tanda lapar dan kenyang untuk menjaga asupan makanan kita. Jika kita bisa mengenalinya, hal ini menjadi sangat mudah karena tidak perlu ada aturan apa yang harus kita makan, kita hanya perlu memerintahkan kapan untuk mulai dan stop.

BAGAIMANA CARANYA?

Tidak semua orang bisa merasakan rasa lapar dan kenyang dengan tepat dikarenakan sejarah diet yang pernah dilakukan. Kita bisa merasakan rasa lapar dan kenyang dengan cara, apa yang kita rasakan? (apakah perut berbunyi? Atau rasa pusing dan sakit kepala ringan? Ada merasakan perut kosong atau penuh?)

Cobalah untuk minum segelas besar air putih es dan perhatikan apakah rasa lapar tersebut berkurang? Kita juga bisa memegang perut kita, dan merasakan apakah kita benar-benar lapar?

Gunakan table Hunger Game untuk mengecek seberapa lapar anda saat memulai makan dan seberapa kenyang ketika selesai.

APAKAH ADA BUKTI BAHWA CARA INI BERHASIL UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN?

Menurut penelitian orang yang merasakan 80% kenyang mengkonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan orang yang tidak dan ini diasosiasikan dengan kebiasaan makan yang sehat (2).

Sumber:

  1. Berardi J, Andrews R, Pierre BSt, Dixon KS, Kollias H, DePutter C. The Essentials of Sport and Exercise Nutrition. Canada.2018; 393
  2. Fukkoshi YAkamatsu RShimpo M. The relationship of eating until 80% full with types and energy values of food consumed.Eat Behav. 2015 Apr;17:153-6. doi: 10.1016