Diet yang sehat sangatlah penting dalam hidup Anda, tetapi lebih penting dan meningkat terutama ketikak Anda hamil.

Menjaga pola hidup diet yang seimbang di masa kehamilan akan memberikan energi dan nutrisi kepada bayi dalam kandungan Anda, dan juga menjaga mood Anda menjadi lebih bagus juga.

 

Mulai dari dasar diet terlebih dahulu

Selama 9 bulan ke depan, Anda harus menjaga pola diet yang sehat dan seimbang. Tubuh Anda memerlukan makanan dari setiap aspek gizi dalam makanan tersebut seperti dairy, telur, buah-buahan, dan sayuran, daging merah atau sumber protein lain, karbohidrat dan juga lemak. Dengan menjada variasi dalam die t Anda, Anda akan mendapatkan keseimbangan nutrisi untuk Anda dan bayi dalam kandungan Anda.

Dalam metode kelas kami, kami memberikan saran berapa rasio protein, karbohidrat dan lemak yang seharusnya dikonsumsi oleh ibu hamil. Pembagian komposisi makanan ini tentunya berbeda pada setiap individu sesuai dengan berat badan, body komposisi, telapak tangan dan fitness level. Dokter kandungan Anda juga bisa memberikan saran untuk kondisi Anda dan kehamilan Anda.

Yang paling signifikan dibutuhkan dan diinginkan kebanyakan wanita hamil adalah konsumsi karbohidrat, tetapi juga sangat penting bahwa tubuh Anda akan membutuhkan karbohidrat kompleks dan bukan yang karbohidrat non kompleks.

Apa itu karbohidrat kompleks?

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lama untuk di cerna dan membantu untuk mengatur kadar level gula darah Anda. Jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana seperti roti putih, pastry, minuman bergula dan nasi putih adalah karbohidrat yang mudah di cerna tetapi bisa memberikan energi yang signifikan dan tinggi tetapi bisa meningkatkan kadar gula darah Anda.

Contoh untuk kompleks karbohidrat termasuk gandum-ganduman, sereal, beras coklat, legumes, ubi2an, brokoli, kembang kol dan kedelai dan lain sebagainya.

Protein Tanpa Lemak

Protein tanpa lemak adalah salah satu kunci penting dalam nutrisi diet dalam kehamilan Anda. Contoh untuk protein yang disarankan dikonsumsi adalah ikan, telur, tempe, tahu, legumes dll. Beberapa sumber protein yang harus dihindari ketika hamil adalah liver yang kurang masak(pate), keju-kejuanan yang lembek, ikan dengan kandungan merkuri tinggi dll.

Tidak semua lemak itu buruk

Ketika memilih lemak dalam menu harian makanan Anda, perhatikan lemak makanan yang Anda pilih. Sama halnya Ketika normal diet, lebih baik untuk menghindari lemak jenuh. Lemak sehat terdiri dari olive oil, kacang2an, ikan (salmon, mackerel, anchovies), alpukat dan tahu.

Buah-buahan, sayuran dan air putih

Masukkan variasi buah-buahan dan sayuran dalam keseharian menu makanan Anda. Dan pastikan Anda mencuci dengan bersih buah-buahan dan sayuran tersebut.

Makanan tinggi serat dan minum air yang cukup akan membuat tubuh Anda berjalan dengan baik di hari dan malam hari.

Makan untuk berdua

Banyak mitos terdengar bahwa ketika Anda hamil itu berarti Anda harus makan untuk 2 orang, dalam artian Anda melipatgandakan porsi makanan Anda. Tetapi sebenarnya hal tersebut tidaklah diperlukan. Anda hanya akan perlu menambahkan 200-500 kcal pada porsi makan Anda pada trimester ketiga. Hal ini seperti kira-kira Anda menambahkan setengah buah apel dengan satu sendok teh selai kacang atau sejempol kacang almond. 

Anda juga mungkin perlu mengurangi porsi makan Anda dari awal kehamilan tergantung dengan kondisi berat badan Anda.