Challenge diet 30 hari adalah program sering kita dengar yang bertujuan untuk menurunkan berat badan sebanyak  mungkin dalam waktu 30 hari dengan banyak sekali pantangan makanan. Hal tersebut harus dirubah dalam waktu singkat, seperti dari yang terbiasa makan gorengan tiba-tiba harus makan makanan serba kukus dalam waktu 30 hari. Hal tersebut tidaklah buruk namun jika harus berubah banyak hal dan dalam waktu singkat, tentunya kita akan merasa stress. Pada ujungnya diakhir program setelah berhasil menurunkan berat badan tersebut, kebanyakan orang tersebut kembali ke kebiasaan semula bahkan lebih buruk seperti pembalasan dendam makan lebih banyak (binge eating) sebagai penghargaan untuk diri mereka. Hal ini berakhir dengan kenaikan berat badan lebih dari semula. Setelah merasa bersalah mereka akan melakukan lagi challenge yang sama lagi untuk berusaha menurunkan berat badannya dan ini lingkarannya akan berputar-putar terus menerus.

Lantas bagaimana caranya menurunkan berat badan anda tanpa khawatir untuk naik kembali?

Pertama, anda harus memikirkan alasan anda untuk menurunkan berat badan, kenapa hal itu penting? Dan apa yang terjadi apabila hal tersebut tidak bisa anda capai? Anda butuh alasan yang kuat untuk mencapai goal anda. Goal anda tentu harus spesifik, terukur, jangka waktu dan masuk akal. Pecahlah goal jangka panjang anda menjadi goal jangka pendek yang terukur, hal ini membuat anda menjadi semakin bersemangat.

Kedua, membaca informasi yang benar tentang perdietan, karena banyak sekali di dunia maya hoax bertebaran. 

Ketiga, menurut penelitian modifikasi kebiasaan adalah cara yang paling direkomendasi untuk menurunkan berat badan (1). Kamu bisa mulai mengubah kebiasaan makan anda satu per satu. Bayangkan banyak hal yang harus anda rubah dalam waktu yang singkat, bisa membuat anda stress bukan? Mulai lah dari satu kebiasaan sederhana, lalu berusaha untuk konsisten minimal 90% selama 2 minggu lalu lanjut kebiasaan selanjutnya dengan tetap tidak melupakan kebiasaan sebelumnya.

Keempat, anda memulai olahraga. Dengan berolahraga tentunya sangat membantu anda untuk menurunkan berat badan, targetkan minimal 200 menit per minggu untuk hasil yang maksimal.

Kelima, selalu mengecek apakah anda mengalami progress entah itu dari kebiasaan yang anda bangun atau perubahan berat badan dan ukuran tubuh anda. Rayakan keberhasilan jangka pendek untuk membuat anda, semakin bersemangat untuk jangka panjang.

Keenam, anda bisa menggunakan jasa online coach untuk mendapatkan arah dan pengetahuan yang tepat (tentunya coachnya harus memiliki kompetensi dan pengetahuan dibidangnya), monitoring kebiasaan dan hasil serta motivasi eksternal (tentunya motivasi internal lebih penting).

Dengan menerapkan hal-hal tersebut anda bisa mendapatkan hidup yang lebih sehat dan bonusnya berat badan yang ideal.

Referensi :

1) Daniels SR: Regulation of body mass and management of childhood overweight. Pediatr Blood Cancer. 2005, 44 (7): 589–94. 10.1002/pbc.20353.